POGI CAB. SURAKARTA BEKERJASAMA DENGAN PPDS OBSTETRI DAN GINEKOLOGI FK UNS BERHASIL MELAKSANAKAN AGENDA RUTIN WEBINAR

Dalam rangka mengikuti perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan ditengah pandemi COVID 19 POGI Cabang Surakarta bekerjasama dengan PPDS Obstetri dan Ginekologi mengadakan webinar sebagai bagian dari kegiatan ilmiah. Webinar POGI Cabang Surakarta merupakan agenda rutin yang diselenggarakan POGI Surakarta kepada tenaga medis khususnya dokter umum dan dokter spesialis obstetri dan ginekologi. Antusiasme dari para peserta webinar sangat besar, terbukti dari awal webinar hingga akhir acara, banyak peserta yang masih menyimak secara online untuk mendengarkan topik/materi selanjutnya.

Webinar telah dilakukan sebanyak dua kali diawal tahun pada tanggal 16 Januari 2021 dan 30 Januari 2021, Webinar pertama mengangkat tema tentang Nutrition For pregnancy. Materi webinar berfokus pada divisi fetomaternal, seperti nutrisi yang perlu diperhatikan oleh seorang ibu hamil saat prekonsepsi (perencanaan kehamilan) hingga selama masa kehamilan. Nutrisi pada kehamilan dengan penyulit seperti plasenta akreta atau preeklamsia juga tidak lupa dibahas. Para peserta yang mengikuti webinar rerata mencapai hamper 800 peserta, terdiri dari dokter umum 500 dan dokter spesialis obstetri dan ginekologi 300 peserta. Webinar juga disiarkan secara live streaming pada kanal Youtube POGI Cabang Surakarta sehingga dapat mempermudah audiens yang belum teregistrasi.

Webinar kedua berfokus pada kelainan perdarahan diluar siklus menstruasi yang bertajuk Abnormal Uterine Bleeding. Topik ini merupakan masukan dari para peserta webinar sebelumnya melalui proses pooling oleh para peserta. Dukungan dan support para peserta webinar sangatlah penting untuk membuat acara ini semakin baik di tiap harinya. Bahkan di kala pandemi Covid 19 ini, akses untuk mengikuti seminar, clinical skill secara luring tidak tersedia. Maka kemungkinan banyak para tenaga kesehatan yang bingung untuk dapat mengakses ilmu dan mengaupdate ilmunya. Melalui webinar  yang di adakan atas bantuan POGI Surakarta, RS dr. Moewarid, FK UNS, dan sponsor-sponsir yang terkait membuat para tenaga kesehatan untuk tidak perlu cemas lagi mencari informasi ilmu yang bisa diterapkan secara praktis di tempat masing-masing penugasan.

Tinggalkan komentar