PROGRAM VAKSINASI TENAGA KESEHATAN DI LINGKUNGAN RSUD DR. MOEWARDI

Vaksinasi merupakan salah satu ikhtiar manusia ditengah pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) yang saat ini kian meningkat angka kejadiannya. Vaksinasi sendiri merupakan upaya untuk menghadirkan mekanisme imunisasi dalam tubuh seseorang dengan cara memasukkan vaksin ke dalam tubuh. Hal ini bertujuan untuk memicu kekebalan tubuh spesifik terhadap penyakit tertentu. Vaksin biasanya berisi sediaan biologis dari mikroorganisme penyebab penyakit, atau sejak awal abad ke-21, sediaannya dibuat secara sintetis dan menyerupai sediaan asli.      

Di Indonesia sendiri, vaksinasi COVID19 telah gencar digerakkan sejak Januari 2021, dengan 4 tahap rangkaian vaksinasi. Tahap pertama dan kedua dilaksanakan pada Januari 2021 hingga April 2021, sedangkan tahap 3 dan 4 akan dilaksanakan pada April 2021 hingga Maret 2022. Tahap pertama sendiri memiliki sasaran vaksinasi tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

RSUD Dr. Moewardi sebagai salah satu penyedia pelayanan medis pun telah turut serta melaksanakan vaksinasi kepada seluruh tenaga kesehatannya. Vaksinasi pertama di RSUD Dr. Moewardi dimulai sejak 14 Januari 2021 dengan target vaksinasi harian mencapai 500 orang. Vaksinasi kedua sendiri mulai dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2021. Tentunya hal ini melibatkan banyak sumber daya, salah satunya adalah keterlibatan residen PPDS Obstetri dan Ginekologi FK UNS sebagai vaksinator. Residen PPDS Obsgin FK UNS dengan sigap membantu proses dilakukannya vaksinasi COVID19 di RSUD Dr. Moewardi baik pada vaksinasi pertama maupun kedua (booster).

Sebagai tenaga medis, vaksinasi merupakan hal yang familiar sebagai salah satu hal yang kita pelajari dan lakukan. Dalam praktik sehari-hari, kita dapat turut andil dalam kegiatan vaksinasi kepada masyarakat secara umum maupun kepada tenaga medis lainnya. Sekali lagi, ini merupakan tugas yang cukup berat. Namun, kita sebagai tenaga medis tetap harus menjalankan tugas yang kita pilih ini dengan profesional. Alih-alih hanya menjalankan profesi, kita bisa menjadikan tugas ini sebagai ibadah kita.

Menjadi vaksinator Vaksin COVID-19 merupakan salah satu konstribusi residen obstetri dan ginekologi FK UNS, sebagai jalan pengabdian yang diambil untuk mendukung program vaksinasi COVID-19 dari pemerintah untuk masyarakat Indonesia.. Semoga peran serta kami ini dapat membantu percepatan vaksinasi masyarakat Indonesia, sehingga kekebalan komunitas dapat segera tercapai, dengan harapan pandemic COVID-19 di Indonesia segera teratasi.

Tinggalkan komentar